Arti Mimpi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur.


Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi.

Mimpi terjadi pada tahap kecepatan pergerakan mata ketika tidur, di mana aktivitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun. Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik, atau sekitar 20-30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi bervariasi berdasarkan waktu dan budaya. Kebanyakan penggemar Teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekadar produk dari aktivasi otak.

Teori Tentang Mimpi

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra dalam tidur. Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi di dunia nyata dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming (fenomena ketika seseorang menyadari sepenuhnya bahwa dirinya sedang bermimpi). Ketika seseorang mengalami mimpi demikian, dia akan menyadari sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, bahkan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya atau mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Adapun ilmu yang mempelajari tentang mimpi disebut dengan oneirologi. Mimpi terjadi pada tahap kecepatan pergerakan mata ketika tidur, yaitu ketika aktivitas otak tinggi dan seolah-olah dalam keadaan terbangun.

Panjangnya mimpi bervariasi, minimal beberapa detik hingga sekitar 20–30 menit. Pendapat mengenai makna mimpi bervariasi berdasarkan waktu dan budaya. Kebanyakan penggemar teori Freud setuju dengan makna penglihatan dalam mimpi merupakan penampakan dari hasrat dan emosi yang tersembunyi. Beberapa teori lain menunjukkan bahwa mimpi merupakan tahap pembentukan memori, penyelesaian masalah, atau sekadar produk dari aktivasi otak.

Sebagian orang percaya mimpi tak lebih dari sekadar bunga tidur tanpa arti khusus. Namun, banyak pula yang meyakini mimpi sebagai firasat terjadinya peristiwa pada masa mendatang, entah itu baik maupun buruk.

Sejak dahulu kala, mimpi diyakini sebagai petunjuk spiritual yang membawa seseorang memasuki dimensi yang berbeda. Pengalaman mimpi yang dialami diyakini merupakan pesan-pesan dari masa depan tentang apa yang akan terjadi dalam kehidupan seseorang. Para ilmuwan berusaha memecahkan rahasia mimpi manusia. Namun setidaknya ada 4 teori yang paling terkenal menjelaskan tentang penyebab mimpi.

1. Teori Psikoanalisis Freud

Menurut Sigmund Freud, mimpi adalah motivasi manusia yang tidak disadari. Ia adalah motivasi terselubung dan terendap di alam bawah sadar. Ia menyebutkan bahwa naluri manusia dapat dirasakan oleh kesadaran. Namun tidak mampu dipahami secara sadar. Ini seperti kita menyukai sesuatu, namun kita tidak tahu mengapa menyukai hal itu

Freud menyarankan agar kita menganalisis pertanyaan tersebut melalui mimpi. Saat bermimpi, area tidak sadar akan membocorkan informasi-informasi penting. Membuat kita memahami kondisi dan motivasi diri kita sebenarnya.

Ia membagi dua jenis komponen dalam mimpi. Yang pertama adalah bersifat manifes dan kedua adalah laten. Manifes dapat kita lihat dari gambar, pikiran, dan konflik di dalam mimpi tersebut. Sedangkan laten adalah makna psikologis yang tersembunyi di dalamnya.

2. Teori Sintesis-Aktivasi

Hipotesis sintesis-aktivasi dalam mimpi pertama kali diusulkan oleh J. Allan Hobson dan Robert McClarley pada tahun 1977. Teori ini menyebutkan bahwa aktivitas otak dalam REM (tidur nyenyak) memiliki kesamaan dengan aktivitas otak saat kita sedang dalam keadaan tersadar. Sirkuit otak tetap memiliki aktivitas yang normal seperti saat kita terbangun. Oleh sebab itu, kita akan tetap mempunyai respons emosi yang nyata saat bermimpi.

Dalam fase tersebut, otak juga akan mengakses LTM (Long Term Memory ) untuk mengambil struktur pengetahuan dalam potong-potongan kecil membentuk narasi dan cerita. Beberapa latar belakang tempat di dalam mimpi mungkin pernah kamu lihat sebelumnya.

Walaupun mimpi terbentuk dari data-data internal dalam otak manusia, tetapi Hubson tidak percaya bahwasanya mimpi tidak memiliki makna dan manfaat. Menurutnya, mimpi dapat memberikan kita pengalaman dan ide-ide baru.

3. Teori Pemrosesan Informasi

Para ahli menyebutkan bahwa mimpihanyalah sisa-sisa dari pemrosesan informasi yang kita terima sebelum tidur atau beberapa hari sebelumnya. Beberapa bagian otak masih aktif mengumpulkan potongan informasi dan membentuk percikan mimpi dari aktivitas tersebut. Tangkapan informasi yang kita terima saat sadar sangatlah kompleks. Seperti emosi, sentuhan, dan suasana yang tidak kita sadari saat mendapati informasi.

Beberapa psikolog meyakini mimpi hanyalah bentuk pemrosesan informasi yang dianggap tidak terlalu penting. Semakin banyak aktivitas yang kita lakukan di luar rumah, hal ini akan membentuk semakin kompleks potongan gambar, kesan, dan cerita dalam mimpi.

4. Teori Aktivitas Eksternal

Selama kita tertidur, kita akan mendengar beberapa bunyi seperti jam, radio, televisi, atau suara hewan-hewan kecil. Beberapa bunyi memiliki frekuensi yang mampu ditangkap oleh indra manusia. Saat memasuki fase REM, otak tetap merespons apa yang terjadi di luar tubuh kita. Beberapa di antara kita pasti akan pernah bermimpi sedang mandi, berada di tempat yang kering, dikarenakan ia sedang dalam kondisi dehidrasi.

Sebagian orang mendapati mimpi ia sedang terlambat bekerja hanya karena ia mendengar suara ayam. Bunyi dan gangguan eksternal selama kita tertidur akan merangsang memori masa lalu yang berkaitan dengan gangguan tersebut.

Mimpi Menurut Ajaran Islam

Menafsir mimpi bukanlah suatu hal klenik atau tabu. Upaya menafsir mimpi juga pernah dilakukan oleh seluruh anak Adam, tak terkecuali Nabi Yusuf As, dia adalah nabi yang terkenal sebagai penakwil mimpi. Menurut ajaran Islam, mimpi digunakan untuk mengukur kadar kejujuran seseorang. Semakin jujur seseorang ketika terjaga, semakin benar pula mimpi dalam tidurnya. Hal ini didasarkan kepada sabda Nabi Muhammad Saw.

Apabila telah dekat waktunya (hari kiamat) hampir saja mimpi orang yang beriman tidak akan berdusta. Yang paling benar mimpinya adalah orang yang paling jujur ucapannya. Mimpi itu ada tiga, mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah SWT, mimpi yang buruk yang berasal dari setan, dan mimpi yang berasal dari diri manusia sendiri. Apabila salah satu dari kalian memimpikan sesuatu yang dibenci, hendaklah dia bangun salat dan tidak menceritakannya kepada orang lain (H.R. Abu Dawud, al-Tirmidzi, Ibn Majah, Ahmad bin Hanbal, al-Thabarani, dan al-Hakim).

Muhammad Ibn Sirin pernah menulis sebuah kitab yang berjudul Tafsir al-Ahlam, kitab yang memuat tentang kumpulan mimpi-mimpi dan cara memahaminya. Dia menyebut bahwa mimpi yang benar itu ada dua macam. Pertama, mimpi benar yang tidak membutuhkan penafsiran karena telah jelas tergambar dalam mimpi. Kedua, mimpi yang membutuhkan penafsiran karena mengandung hikmah dan makna lain di luar yang dilihat dalam mimpi.

Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan di sisi lain dalam kitabnya yang berjudul Qawaid Tafsir al-Ahlam mengklasifikasikan mimpi menjadi empat bagian. Pertama, mimpi yang terpuji dari segi lahir dan batin. Kedua, mimpi yang terpuji dari segi lahir, tetapi tercela dari segi batin (maksudnya secara lahir mimpi tersebut tampak baik, tetapi arti dari mimpi tersebut sebenarnya adalah buruk). Ketiga, mimpi yang secara lahir tampak buruk, tetapi secara batin diartikan sebagai mimpi yang terpuji. Keempat, mimpi yang tercela dari segi lahir maupun batin (Abu al-Abbas Ahmad bin Sulthan, Qawaid Tafsir al-Ahlam, juz 1, hlm. 138).

Referensi
Kavanau, J.L. (2000). "Sleep, memory maintenance, and mental disorders". Journal of Neuropsychiatry and Clinical Neurosciences. 12 (2).
^ Lompat ke:a Taufik, Muhammad (9 Desember 2019). "4 Penjelasan Kenapa Manusia Bisa Bermimpi Saat Tidur". Golife.
"Long-Term Memory". SpringerReference. Berlin/Heidelberg: Springer-Verlag.


Apakah Mimpi Memiliki Arti?

Sebagian besar, orang mempercayai bahwa mimpi memiliki pesan atau arti bagi orang yang memimpikannya. Itulah sebabnya, banyak orang yang ingin mengetahui apa arti dari mimpi yang dirasakannya.

Bagaimana menafsirkan maknanya, memang menarik perhatian dan menjadi perdebatan. Beberapa psikolog berpendapat bahwa hal ini memberikan wawasan tentang jiwa atau kehidupan sehari-hari seseorang, dan berkaitan dengan pengalaman atau peristiwa atau aktivitas yang pernah dialami atau dilakukan.

Sementara itu, psikolog yang lain beranggapan bahwa mimpi itu tidak konsisten, tidak terkonsep, dan tumpang tindih, sehingga cukup membingungkan untuk diambil maknanya. Apalagi, isinya dapat berubah-ubah atau artinya tergantung oleh orang yang memimpikannya.

Sebagai contoh, dalam mendeskripsikan seseorang yang ada di dalam mimpi merujuk pada sosok yang mereka kenali dengan jelas padahal penampilan yang dilihat pada mimpi menyimpang.

Hingga kini, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai kepastian arti dari mimpi. Meskipun begitu, sangat mungkin berkaitan dengan kehidupan sehari-hari pada orang yang memimpikannya. Sebenarnya, untuk menyikapi mimpi, diperlukan sikap dewasa dalam berpikir dan iman yang kuat agar kita tak terombangambing oleh mimpi yang belum kita tahu makna sesungguhnya apa.

Arti-Arti Mimpi yang Perlu Diketahui

Arti mimpi memang sangat banyak, tetapi di bawah ini akan dijelaskan 17 arti mimpi yang sering terjadi oleh banyak orang, diantaranya:

1. Mimpi Menikah

Arti mimpi menikah, jika seseorang itu belum menikah, tetapi bisa mengalami mimpi tentang pernikahan, maka arti mimpi menikah tersebut lebih dominan dikaitkan dengan membentuk sebuah komitmen terhadap sesuatu di dalam kehidupan nyata. Tak hanya berurusan dengan perencanaan pernikahan saja. Akan tetapi, pada masa yang mendatang atau hubungan yang lebih baik kepada seseorang.

2. Mimpi Pasangan Selingkuh

Selanjutnya, arti mimpi pasangan selingkuh, mimpi seperti ini sebaiknya jangan buru-buru bikin kamu parno dengan pasanganmu, karena tidak berarti menandakan pasanganmu sedang selingkuh. Alangkah baiknya, gunakanlah pertanda dari mimpi kamu ini untuk mengeratkan kembali hubungan kamu dengan pasanganmu ya, sobat Grameds.

Menurut Loewenberg dan Lawrence, jika kamu mengalami mimpi semacam ini, bisa saja karena kamu dan pasanganmu kurang menghabiskan banyak waktu bersama. Bisa juga karena hubungan kalian tidak memiliki rasa percaya yang kuat terhadap satu sama lain.

3. Mimpi Hamil Muda

Berikutnya arti mimpi hamil muda, Arti mimpi hamil muda merupakan pertanda yang baik. Kamu akan diberi sebuah kepercayaan yang berisiko dan bisa menuai kesuksesan apabila mampu menjalankan tanggung jawab dengan baik. Menurut para ahli tafsir mimpi, kesuksesan tersebut akan dikaitkan dengan harta dan kekayaan bagi seseorang.

4. Mimpi Mandi

Selanjutnya adalah arti mimpi mandi, sobat penasaran dengan arti mimpi mandi? Memimpikan diri sendiri sedang mandi merupakan sebuah isyarat baik bagi kamu. Mimpi sedang mandi tersebut jika ditafsirkan menandakan dosa-dosa dan kesalahan yang kamu perbuat akan dimaafkan orang lain.

Tentu saja dengan catatan bahwa kamu harus bertobat terlebih dahulu dan meminta maaf kepada seseorang yang pernah kamu lukai. Jadi, coba ingat-ingat apakah kamu sudah meminta maaf dengan orang yang pernah kamu perlakukan jahat?

5. Mimpi Digigit Ular

Berikutnya arti mimpi digigit ular. Meskipun ular dilambangkan sebagai sosok pembunuh, ternyata mimpi digigit ular bisa menandakan keberuntungan. Konon, kamu akan segera menyelesaikan masalah-masalah dan ketakutan dalam hidupmu.

Namun, mimpi ini hanya berlaku untuk mereka yang hanya bermimpi ular secara umum. Dengan kata lain, tidak ada detail khusus seperti berapa banyak ular, waktu dan lokasi kejadian dalam mimpi, dan lain-lain.

6. Mimpi Digigit Anjing

Masih pada tema yang mirip, yakni arti mimpi digigit anjing. Banyak orang yang bilang memang mimpi digigit anjing membawa makna yang kurang bagus. Artinya, kamu akan berhadapan dengan suatu masalah di kemudian hari.

Berbagai konflik dengan kerabat dan orang-orang terdekat bisa menghampirimu karena berbagai macam penyebab. Misalnya, saja karena masalah hutang atau masalah keuangan lainnya. Selain itu, bisa juga masalah yang timbul karena adanya pengkhianatan dari orang-orang yang kamu beri kepercayaan.

Jadi, kalau kamu tidak ingin terbebani oleh masalah, pandai-pandailah dalam menyikapi segala persoalan agar tidak menimbulkan konflik.

7. Mimpi Gigi Copot

Mitos yang beredar dari arti mimpi gigi copot adalah adalah mimpi sebagai pertanda akan ada seseorang yang meninggal. Namun, para ahli ternyata punya interpretasi yang berbeda terkait makna dari mimpi ini.

Dilansir dari Mental Floss, Wallace menilai bahwa mimpi ini memiliki arti bahwa seseorang yang memimpikannya sedang mengalami sesuatu yang membuat dia kehilangan rasa percaya diri. Sementara itu, Grant memiliki pendapat bahwa mimpi gigi copot menandakan pertanda buruk karena mewakili sebuah hubungan yang terputus. Ada Pula yang mengatakan bahwa tafsiran mimpi itu menandakan seseorang sedang pesimis dalam mengharapkan sesuatu.

8. Mimpi Melihat Orang Meninggal

Beralih pada arti mimpi orang meninggal, Arti mimpi melihat orang yang meninggal ini mempunyai banyak tafsir. Di antaranya adalah mimpi melihat anak yang meninggal. yang artinya sebagai orang tua kamu harus bersiap-siap kehilangan mereka karena sudah bisa hidup sendiri layaknya orang dewasa.

Lain halnya, dengan mimpi meninggal tapi itu adalah kamu sendiri. Mimpi ini merupakan peringatan untuk lebih baik memperhatikan diri sendiri dan akhiri kebiasaan buruk serta mulai lebih giat dengan kebiasaan sehat yang baik untuk tubuh.

9. Mimpi Melahirkan Bayi Laki-Laki

Selanjutnya, arti mimpi melahirkan bayi laki-laki. Arti mimpi melahirkan bayi laki-laki adalah pertanda kamu akan mendapat keberuntungan dan kebaikan, baik dalam lingkungan keluarga atau pekerjaan. Ini bisa jadi motivasi untuk kamu melanjutkan hari-hari kamu. Jangan terlalu suka mengeluh, nikmati setiap apa yang kamu dapatkan. Berjuanglah untuk mendapatkan hasil yang baik.

10. Mimpi Melahirkan Bayi Perempuan

Arti mimpi melahirkan anak perempuan adalah kamu bisa mendapatkan kemuliaan, sanjungan, mendapat harta warisan atau mendapat rezeki. Jika kamu bermimpi melahirkan anak perempuan yang sehat maka arti mimpinya adalah sudah saatnya kamu menerima hasil dari kerja kerasmu selama ini. Orang yang gigih dalam bekerja memang pantas menerima keuntungan dari perilakunya. Apa yang ditanam maka itulah yang akan ia petik.

11. Mimpi Menggendong Bayi

Berikutnya arti mimpi menggendong bayi, baik perempuan atau laki-laki. Contohnya bila kamu bermimpi menggendong bayi laki-laki itu berarti ditandai dengan mendapat banyak sekali rezeki dari segala penjuru yang tidak disangka-sangka. Rezeki yang didapatkan bisa berupa uang, waktu yang bermanfaat bahkan anak yang pintar dan lucu.

Jangan lupa untuk tetap mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan bersedekah. Dengan begitu, rezeki dan berkah pun akan terus mengalir.

12. Mimpi Buang Air Besar

Kemudian, arti mimpi buang air besar menandakan bahwa kesedihan yang sedang kamu alami. Dalam hal ini, kesedihan yang dimaksud, seperti kamu merasa tidak bahagia dengan kehidupan yang sedang kamu jalani sekarang. Bisa disebabkan oleh perasaan tidak puas dengan kehidupan pribadimu, adanya perasaan tidak puas dan hilangnya kepercayaan diri di dalam hidupmu. Terlalu peduli dengan perkataan orang lain, sehingga membuat hidupmu terasa kurang santai karena terbelenggu dengan perkataan orang lain.

13. Mimpi Mencukur Rambutnya Sendiri

Selanjutnya, bermimpi memotong rambut sendiri sampai potongan pendek memiliki pertanda yang baik, lho. Menurut primbon Jawa, arti mimpi potong rambut sampai pendek melambangkan keberuntungan. Keberuntungan yang kamu dapatkan akan datang secara tiba-tiba.

14. Mimpi Dikejar-Kejar

Dilansir dari laman Independent, mimpi ini diartikan oleh Wallace sebagai suatu masalah atau rintangan yang dialami seseorang, tetapi orang tersebut tidak tahu cara menghadapinya. Jika kamu mengalaminya, disarankan untuk tidak ragu menghadapinya karena bisa saja hal tersebut memberikan peluang untuk membantumu mengejar ambisimu.

15. Mimpi Terbang

Selanjutnya, arti mimpi terbang, arti mimpi ini berbeda dari mimpi terjatuh, Wallace mengartikan mimpi terbang sebagai suatu keberhasilan. Jika kamu mengalami mimpi ini, bisa saja kamu telah menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan dan sukses melaluinya tanpa kamu sadari.

16. Mimpi Jatuh

Menurut Wallace, mimpi ini menandakan bahwa kamu sedang terlalu serius dan menaruh terlalu banyak perhatian terhadap suatu hal. Jadi, disarankan supaya kamu bisa lebih rileks dan santai.

Sementara itu, menurut ahli lain seperti Lauri Loewenberg, mengatakan bahwa mimpi terjatuh umumnya dialami oleh mereka yang sedang dalam tekanan atau masalah, sehingga secara tidak langsung mempengaruhi alam bawah sadar untuk terus waspada.

17. Mimpi Telanjang

Berikut ini merupakan salah satu mimpi yang bisa bikin orang merasa malu banget, yaitu mimpi telanjang. Beberapa ilmuwan sepakat mengartikan mimpi ini sebagai gambaran rasa gugup yang lagi kamu alami. Hasil penelitian Wallace juga menunjukkan bahwa rata-rata orang yang mengalami mimpi ini baru saja memperoleh pekerjaan, naik jabatan, atau akan berhadapan dengan banyak orang yang bikin mereka gugup.

Itulah beberapa arti mimpi yang dapat kamu jadikan sebagai referensi mengenai tafsirannya. Namun tidak untuk diyakini betul, karena mimpi bersifat misterius.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu juga dapat membaca buku-buku terkait arti mimpi, primbon jawa dan lengkap penjelasannya, atau buku-buku lainnya di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.


Dikutip dari berbagai sumber 

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama